JUKNIS
PELAKSANAAN KEGIATAN “GALAKSI“
(Gelar
Kreativitas dan Produk Literasi)
Tema Kegiatan
PENGURUS OSIS masa bakti 2022/2023
bersama Tim GESIT 2 SMA Negeri 1 Bandar menyelenggarakan “GALAKSI“
(Gelar Kreativitas dan Produk Literasi) ini dengan tema “Belajar,
Bermain, dan Mengeksplorasi Lingkungan.”
Jenis
Lomba
1. E-Sport
2. Video Kampanye
3. Fotografi
4. Traditional Games
Pelaksanaan
Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada:
Hari : Senin - Rabu
Tanggal : 12 – 14 Desember 2022
Pukul : 07.00 WIB - Selesai
Tempat : SMA N 1 Bandar
PETUNJUK
TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA E-SPORT
Ketentuan
1. Pendaftaran
gratis.
2. Peserta
lomba adalah siswa-siswi SMA N 1 Bandar.
3. Setiap
kelas wajib mengirimkan perwakilan tim terdiri dari 4 siswa putra untuk PUBG
dan 2 siswi putri untuk LUDO.
4. Gawai
yang digunakan untuk perlombaan LUDO adalah gawai milik salah satu siswi yang
bermain.
5. Peserta
yang berkata maupun bersikap toxic
langsung didiskualifikasi.
6. Diwajibkan
membawa headset sendiri wajib untuk
lomba PUBG.
7. Peserta
tidak boleh memakai cheat untuk
PUBG.
8. Peserta
mengenakan bawahan OSIS dan atasan olahraga.
9. Disarankan
untuk membawa power bank.
10. Peserta
datang tepat waktu.
11. Juara 1
ditentukan oleh juri dan akan diumumkan pada saat upacara pertama pada semester
2.
PETUNJUK
TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA VIDEO KAMPANYE
Ketentuan
1.
Pendaftaran gratis.
2.
Peserta lomba adalah siswa-siswi
SMA N 1 Bandar.
3.
Pengambilan video wajib
berlokasi di dalam lingkungan SMA N 1 Bandar, dengan waktu pelaksanaan 12-14
Desember 2022.
4.
Setiap kelas hanya
membuat 1 video ( perorangan / kelompok ) dengan tema green lifestyle & green tips & trick
5.
Peserta diperkenankan
memilih salah satu sub tema yang ada:
a) Lingkungan
hidup
b) Hemat
energy
c) Peduli
listrik
d) Kebersihan
lingkungan
6.
Durasi video 30 detik - 60 detik dengan bentuk
portrait.
7.
5 detik video penutup,
ditutup dengan menampilkan logo SMA N 1 Bandar dan dubbing suara "SMA 1 Bandar berkibar, hijau, jaya."
8.
Video menggunakan
bahasa asing / bahasa daerah dan bersubtitle.
9.
Pakaian bebas rapi dan
sopan.
10.
Latar disesuaikan
dengan tema yaitu berada dalam area SMA N 1 Bandar.
11.
Video memiliki kualitas
yang baik.
12.
Short video diunggah di
media sosial Instagram & Tiktok dengan menandai Tiktok : KM_03SMANDAR
Instagram : official_sman1bandar dan diberi hastag #galaxysmandar #greenschool
dan menuliskan diskripsi nama, kelas dan sub tema.
13.
Kriteria penilaian:
1) Kesesuaian
isi konten dengan sub tema yang dipilih
2) Originalitas
video
3) Kemenarikan
video
14.
Juara (1,2,3)
ditentukan oleh juri dan akan diumumkan pada upacara pertama saat semester 2.
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA
FOTOGRAFI
Ketentuan
1. Pendaftaran
gratis.
2. Peserta
lomba adalah siswa-siswi SMA N 1 Bandar.
3.
Pengambilan foto wajib
berlokasi di dalam lingkungan SMA N 1 Bandar, dengan waktu pelaksanaan 12-14
Desember 2022.
4.
Foto
dapat diambil dengan segala jenis kamera (DSLR, pocket, mirrorless,
handphone, dll) dengan ketentuan resolusi minimal 2592x24001944 pixel (5 Megapixel), dan memiliki tingkat pencahayaan yang cukup.
5.
Olah digital
yang diperbolehkan hanya sebatas
perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance
dan saturasi warna) tanpa mengubah
keaslian objek dan/atau menghilangkan / mengubah
elemen-elemen dalam foto.
6.
Peserta
boleh mengirim sejumlah 5 foto,
tetapi tidak diperbolehkan mengirimkan foto yang merupakan kombinasi lebih dari
satu foto (composite/montage/collage).
7.
Foto
yang dikirim merupakan foto yang belum pernah diikutsertakan dalam lomba
fotografi, merupakan karya asli pribadi, dan peserta wajib bertanggung jawab
penuh terhadap karya yang dikirimkan.
8.
Foto
yang dikirimkan menjadi milik panitia dan dapat secara bebas digunakan dalam
rangka seluruh kegiatan di lingkungan SMA
Negeri 1 Bandar dengan tetap
memberikan hak ciptanya pada fotografer.
9.
Foto
dikirim dengan cara: foto berformat JPG/PNG dan
dikirim lewat form.
10. Masing-masing
kelas wajib mengunggah hasil foto di Instagram kelas dan disertai dengan
caption berbentuk narasi yang menjelaskan tentang isi foto tersebut, dan tag
akun Instagram @osis_sman1bandar.
11. Hasil
foto bisa diprint atau dipajang dikelas sesuai kesepakatan perkelas.
12. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas
hal apapun mengenai foto yang dikirimkan apabila terjadi penuntutan
kepemilikan/hak cipta atas foto yang dikirim dan hal-hal lainnya yang membuat
kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.
13. Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan
sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
14. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang
ditetapkan atas karya foto yang dikirim.
15. Kriteria penilaian:
No |
Kriteria
Penilaian |
Poin
Maksimal |
1 |
Keselarasan & Kedalaman visualisasi foto terhadap unsur tema |
10 |
2 |
Besarnya potensi afeksi orang lain yang dapat
ditimbulkan oleh foto (inspiring) |
10 |
3 |
Informasi
atau Pesan yang ada dalam foto |
10 |
4 |
Komposisi, Kreativitas, dan
Momen dalam foto yang diambil |
30 |
5 |
Ketajaman
(fokus), Pencahayaan, dan Tingkat editan foto |
30 |
Jumlah Poin
Maksimal |
90 |
16. Juara (1,2,3) ditentukan oleh juri dan akan diumumkan pada saat upacara
pertama pada semester 2.
17. Keputusan
juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
PETUNJUK
TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA BALAP KARUNG
Ketentuan
1. Pendaftaran
gratis.
2. Peserta
lomba adalah siswa-siswi SMA N 1 Bandar.
3. Setiap
kelas wajib mengirimkan 1 siswa putra untuk mengikuti Lomba Balap Karung.
4. Setiap
pertandingan terdiri dari 4 perwakilan kelas.
5. Peserta
melakukan pertandingan sesuai nomor undi yang diambil saat Technical Meeting.
6. Permainan
Balap Karung dimulai dari garis start menuju garis finish dan
kembali lagi menuju garis start.
7. Peserta
tidak boleh melewati garis / wilayah yang sudah ditentukan.
8. Jarak
lintasan sejauh 15 meter.
9. Permainan
Balap Karung menggunakan helm dan karung.
10. Peserta
diwajibkan membawa helm sendiri agar sesuai ukuran.
11. Seluruh
tubuh peserta tertutup karung kecuali kepala.
12. Peserta
bermain dengan posisi jongkok.
13. Peserta
tidak sedang mengalami cidera.
14. Peserta
tidak boleh melakukan permainan sebelum peluit dibunyikan.
15. Peserta
tidak boleh mengganggu peserta lain.
16. Supporter
diperbolehkan, tetapi dilarang memasuki area pertandingan.
17. Peserta
sudah ada di lapangan pertandingan saat pertandingan akan dimulai.
18. Peserta memakai pakaian kaos olahraga/jersey kelas.
19. Juara (1,2,3) ditentukan oleh juri dan akan diumumkan
pada saat upacara pertama pada semester 2, serta keputusan juri bersifat mutlak
dan tidak dapat diganggu gugat.
20. Ketentuan
penilaian:
a) Keseimbangan
b) Kecepatan
c) Ketepatan
rute
PETUNJUK TEKNIS
PELAKSANAAN LOMBA BAKIAK
Ketentuan
1. Pendaftaran
gratis.
2. Peserta
lomba adalah siswa-siswi SMA N 1 Bandar.
3. Setiap
kelas wajib mengirimkan 2 tim. Dimana 1 tim terdiri atas 3 siswa putra dan 1
tim terdiri atas 3 siswi putri.
4. Sistem
perlombaan menggunakan undian acak.
5. Dalam
1 pertandingan akan diikuti oleh 4 tim.
6. Selama
pertandingan berlangsung anggota badan dilarang menyentuh tanah.
7. Saat
musik diputar, peserta diharapkan berhenti dan berjoget sampai lagu selesai (tidak
diperbolehkan untuk tetap berjalan)
8. Apabila
peserta melanggar melanggar peraturan no. 6 dan no. 7 maka peserta harus
mengulang dari garis start.
9. Sistem
penilaian berdasarkan kecepatan.
10. Peserta
memakai pakaian olahraga / jersey kelas.
11. Peserta
datang paling lambat 10 menit sebelum perlombaan dimulai.
12. Jika
5 menit setelah pemanggilan, peserta belum hadir, maka akan dilompati 2 tim.
13. Juara (1,2,3) ditentukan oleh juri dan akan diumumkan pada saat upacara
pertama pada semester 2.
PETUNJUK
TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA ESTAFET AIR
Ketentuan
1. Pendaftaran
gratis.
2. Peserta
lomba adalah siswa-siswi SMA N 1 Bandar.
3. Setiap
kelas wajib mengirimkan satu tim yang terdiri dari 5 siswa (campuran putra dan putri).
4. Setiap
pemain membawa kain penutup mata (slayer) yang digunakan ketika bermain.
5. Setiap
tim membawa 2 ember.
6. Pakaian
setiap tim seragam olahraga SMA/jersey kelas.
7. Satu
kali permainan waktu maksimal 5 menit.
8. Salah
satu pemain setiap tim memakai nomor dada (nomor undian).
9. Setiap
tim bermain sesuai dengan nomor undian, dimana satu kali permainan terdiri dari
3 tim.
10. Jika 5 menit setelah pemanggilan peserta belum
hadir, maka akan dilompati ke nomor selanjutnya.
11. Jika
ada tim yang tidak datang pada 3x permainan akan didiskualifikasi.
12. Setiap
tim baris berbanjar (memanjang kebelakang).
13. Tempatkan
ember berisi air di depan barisan dan ember yang kosong dibekakang barisan.
14. Setiap
peluit dibunyikan 1x, pemain paling depan mengambil air dengan piring plastik
lalu memberikannya kepada pemain di belakangnya melalui atas kepala.
15. Peserta
tidak boleh membalikkan badan.
16. Pemain
paling belakang bertugas mengisikan air ke dalam ember di belakang.
17. Langkah
dilakukan berulang hingga air habis.
18. Setelah
peluit dibunyikan 2x, menandakan permainan berakhir. Peserta mengangkat tangan
dan tidak boleh melakukan hal-hal yang berhubungan dengan permainan.
19. Jika
pemain melanggar mendapat sanksi berupa diskualifikasi.
20. Juara (1,2,3) ditentukan oleh juri dan akan diumumkan pada saat upacara
pertama pada semester 2.
Komentar
Posting Komentar